Pengenalan Grafika Komputer
Pengertian Grafika Komputer
Grafika komputer (computer graphics) merupakan salah satu ilmu
informatika yang mempelajari pembuatan dan manipulasi gambar
dengan komputer atau secara digital. Sehingga di dalam grafika
komputer akan dibahas teknik-teknik menggambar. Salah satu bidang
grafika komputer yang sangat terkenal adalah Desain Grafis. Bentuk
sederhana dari grafika komputer yaitu titik, garis dan 2D, yang
kemudian dikembangan menjadi 3D, pengolahan citra (image
processing) dan pengenalan pola (pattern recognation).
Dalam grafika komputer memiliki tiga tema utama :
- Modeling, yaitu cara mempresentasikan sebuah objek atau lingkungan disekitar.
- Animasi, yaitu mempelajari tentang menggambarkan dan memanipulasi gerakan objek, secara otomatis atau manual
- Rendering, yaitu mempelajari algoritma untuk membuat dan menampilkan struktur/detail suatu objek.
Grafika Komputer berbeda dengan Pengolahan Citra, jika di Grafika Komputer berisi tentang teknik menggambar dan menghasilkan suatu gambar atau foto. Sedangkan Pengolahan Citra, berisi cara untuk memperbaiki dan menyajikan informasi dari gambar atau foto, tidak menghasilkan gambar atau foto tetapi mengolah gambar atau foto yang sudah ada dan hasil dari Pengolahan Citra bisa berupa gambar atau informasi yang ada di dalam gambar atau foto.
Peran Grafika Komputer
Grafika komputer telah menunjukkan kemajuan yang pesat dalam
pengembangan berbagai aplikasi untuk menghasilkan gambar.
Walaupun pada awalnya aplikasi dalam sains dan engineering
memerlukan peralatan yang mahal, perkembangan teknologi
komputer memberikan kemudahan penggunaan komputer sebagai
alat bantu aplikasi grafik komputer interaktif. Pada saat ini grafika
komputer digunakan secara rutin dibidang ilmu pengetahuan, teknik,
kedokteran, bisnis, industri, pemerintahan, seni, hiburan, pendidikan,
periklanan, dan lain sebagainya.
Berikut contoh peranan grafika
komputer dalam berbagai bidang:
1. Desain
Dalam proses desain grafika komputer terutama digunakan
pada sistem engineering dan arsitektur. Pada umumnya
Computer Aided Design (CAD) digunakan untuk pembuatan
desain mobil, bangunan, pesawat terbang, kapal, komputer,
tekstil, dan lain-lain.
Pada beberapa aplikasi desain, objek ditampilkan dalam bentuk
wireframe, dimana diperlihatkan keseluruhan bentuk, dengan bentuk internal dari objek tersebut. Penggunaan wireframe
bermanfaat bagi designer untuk melihat isi dari objek tersebut.
Contoh perangkat lunak yang digunakan yaitu AutoCAD, 3D
Studio Max, dan Maya.
2. Grafika Presentasi
Bidang lain yang berhubungan dengan grafika komputer adalah
grafik presentasi yang dapat berupa cetakan, slide, dan
transparansi. Grafik presentasi biasanya digunakan untuk
melengkapi laporan keuangan, sains, data ekonomi, dan lainlain.
Bentuk grafik presentasi tersebut adalah chart, bar chart,
pie chart, dan lain-lain.
3. Computer Art
Metode grafika komputer digunakan dalam aplikasi commercial
art dan fine art. Seniman menggunakan bermacam-macam
perangkat lunak grafik, dan kadang dilengkapi dengan
perangkat keras khusus.
Contoh perangkat lunak yang digunakan yaitu Corel Draw,
Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Macromedia, dan
sebagainya.
4. Film
Pada pembuatan film layar lebar, komputer banyak digunakan
untuk menunjang proses pemodelan, visualisasi, dan editing.
Misalnya dalam proses special effect, film animasi.
5. Televisi
Grafika komputer dalam tayangan televisi juga dapat berupa
iklan, tampilan tiap acara, dan lainnya.
6. Video Musik
Produksi video musik tidak terlepas dari grafika komputer,
diantaranya pembuatan promosi, cover atau kemasan video, serta animasi yang mengiringi setiap lagu. Proses editing video
dan audio dilakukan dengan menggunakan komputer.
7. Game
Berbagai game dapat dijalankan pada komputer PC, video
player dengan monitor TV, dan ada yang menggunakan
perangkat keras khusus. Alat input interaktif seperti mouse dan
joystick diperlukan untuk aplikasi game.
8. Pendidikan
Komputer sebagai alat bantu pendidikan (Computer Assisted
Instruction) sudah cukup dikenal. Komputer juga digunakan
pada aplikasi-aplikasi bukan pengajaran untuk menunjang
sistem pendidikan, seperti mengolah data, mencatat kehadiran,
dan sebagainya.
Aplikasi bidang pengajaran dengan komputer sebagai alat
bantunya, diantaranya:
- Drill and Practice (latih dan praktek) CAI menggantikan pengajar untuk memberikan latihan kepada siswa.
- Tutorial (penjelasan) Sistem komputer digunakan untuk menyampaikan materi ajaran.
- Simulasi Digunakan untuk mengkaji permasalahan yang rumit pada bidang biologi, transportasi, ekonomi, dan lain-lain.
Aplikasi bidang bukan pengajaran dengan alat bantu komputer,
diantaranya :
- Computer Assisted Testing (Ujian Berbantuan Komputer) Komputer digunakan untuk sarana ujian. Computer Assisted Guidance (Pengarahan Berbantuan Komputer) Komputer digunakan sebagai sarana untuk mencari informasi yang diperlukan.
- Computer Managed Instruction Komputer digunakan untuk merencanakan pelajaran, evaluasi belajar, serta memantau prestasi siswa.
9. Visualisasi Ilmuwan, ahli kedokteran, analis bisnis, dan lain-lain sering menggunakan banyak informasi suatu masalah dalam mempelajari perilaku proses tertentu. Informasi tersebut berisi ribuan data untuk memberikan gambaran hasil suatu evaluasi. Data tersebut diproses sehingga mendapatkan hasil dalam bentuk visual.
10. Image Processing
Image processing (pengolahan citra) merupakan teknik untuk
memodifikasi atau menginterpretasi gambar yang ada, seperti
foto dan rangkaian gambar film. Dua macam prinsip
pengolahan citra adalah : - Meningkatkan kualitas gambar. - Memberikan persepsi dari informasi visual, seperti pada robotic.
Untuk melakukan pengolahan citra, pertama-tama membuat
digitasi dari foto atau membuat foto menjadi file image.
Selanjutnya metode digital dapat digunakan untuk memodifikasi
gambar sehingga mendapatkan kualitas yang baik.
11. Graphical User Interface (GUI)
Graphical interface (antarmuka grafik) banyak digunakan dalam
setiap aplikasi. Komponen utamanya adalah window manager,
dimana pengguna dapat mengatur tampilan dari window.
Interface juga menampilkan menu dan icon untuk mempercepat
pemilihan yang dilakukan oleh pengguna.
Komentar
Posting Komentar